Memuat Berita...

14 Fakta Unik Mengenai Kereta Api

Written By ASLIberita on Senin, 11 Juli 2011 | 21.58

14 Fakta Unik Mengenai Kereta Api
14 Fakta Unik Mengenai Kereta Api, ASLIberita - Kereta api adalah mode transportasi darat yang berjalan diatas rel baja. Karena berjalan diatas rel, kereta api menjadi favorit orang-orang di kota-kota besar seperti Jakarta dan sekitarnya yang rawan kemacetan. Kereta api terdiri dari lokomotif dan setiap satu lokomotif bisa menarik sampai 30 gerbong atau lebih. Berikut ini akan saya tulis 14 Fakta Unik Mengenai Kereta Api.



  1. Kereta api pertama kali ditemukan oleh Richard Trevitick.
  2. Bentuk kereta api diilhami dari bentuk ular.
  3. Kereta api satu-satunya kendaraan yang tidak memiliki setir seperti halnya Mobil, bus, truk, sepeda motor, kapal dan pesawat terbang, jadi kereta api bisa berjalan melalui jalur rel.
  4. Kehadiran kereta api di Indonesia ditandai dengan pencangkulan pertama pembangunan jalan KA didesa Kemijen Jum'at tanggal 17 Juni 1864 oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda, Mr. L.A.J Baron Sloet van den Beele. Pembangunan diprakarsai oleh "Naamlooze Venootschap Nederlandsch Indische Spoorweg Maatschappij" (NV. NISM) yang dipimpin oleh Ir. J.P de Bordes dari Kemijen menuju desa Tanggung (26 Km) dengan lebar sepur 1435 mm. Ruas jalan ini dibuka untuk angkutan umum pada Hari Sabtu, 10 Agustus 1867.
  5. Klakson pada kereta api lebih keras dalam frek. 400 – 700 HzV daripada Truk maupun Bus, jadi dari jauh (Sekitar 5 kilometer) terdengar suara kereta api tersebut.
  6. Tidak ada yang tahu pasti bagian depan dan belakang kereta api, karena lokomotif bisa terletak di bagian depan atau belakang.
  7. Bagian paling keras pada setiap kereta api adalah bagian Lokomoti.
  8. Satu lokomotif kereta api bisa mengangkut lebih dari 30 buah gerbong.
  9. Jika ada simpangan rel kereta api hanya petugas stasiun kereta api yang mengatur jalur rel dengan menarik tuasnya.
  10. Untuk kereta api listrik, kereta api ini memiliki dua lokomotif, yaitu bagian depan dan belakang.
  11. Pada setiap kereta api khusus diesel, bagian gerbong yang paling ujung atau bagian belakang bukan hanya untuk menyimpan barang besar sebagai gudang, tetapi sebenarnya adalah Genset kereta api jika pada saat malam hari genset ini bisa menyalakan listrik pada setiap gerbong penumpang (Kelas bisnis, ekonomi, eksekutif) meski tanpa lokomotif. Jadi tahukah anda kalau kereta api diesel ini persis dengan sejenis ular derik karena pada bagian belakang gerbong mirip dengan ekor ular derik yang bisa mengeluarkan suara, sehingga gerbong belakang ini menimbulkan suara mesin. hehehe
  12. Bagian lokomotif pada kereta api peluru seperti Shinkansen yang pada bagian ujung yang lancip seperti paruh burung, hal ini disengajakan supaya kereta api ini melaju lebih cepat daripada kereta api yang ujungnya tumpul ...
  13. Untuk kereta api uap, pada saat menanjak pada bukit, bagian lokomotif harus dilepaskan dan pindah kebelakang gerbong untuk mendorong gerbong kereta agar pada saat menanjak akan mudah menaiki ke atas bukit
  14. Dari website PT. Kereta Api diperoleh data keterlambatan tahun 2001-2011 untuk kereta penumpang rata-rata terlambat berangkat 36,33 menit (0,5 jam lebih) dan rata-rata terlambat datang 59,33 menit (hampir 1 jam). Untuk kereta barang rata-ratanya lebih besar lagi, di atas 1 jam.

Semoga postingan 14 Fakta Unik Mengenai Kereta Api mengenai bisa menambah pengetahuan Anda.

http://www.iniunik.web.id/2011/06/14-fakta-unik-menarik-kereta-api.html dengan perubahan

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar yang tidak sopan akan kami edit. Terima kasih.