Memuat Berita...

7 Kiper Pencetak Gol di Dunia Sepak Bola

Written By ASLIberita on Minggu, 03 Juli 2011 | 00.55

7 Kiper Pencetak Gol di Dunia Sepak Bola - Pemain sepak bola yang pandai mencetak gol ternyata bukan berposisi sebagai penyerang, gelandang, atau pemain belakang saja, melainkan juga penjaga gawang alias kiper. Tak percaya? Berikut daftar nama kiper spesialis pencetak gol di dunia:





1. Rogerio Ceni (Brasil, 101 gol)

Rogerio Ceni mencetak gol ke-100 sepanjang karirnya pada Maret 2011 lalu ketika tim yang dibelanya, Sao Paulo, berhasil mengalahkan Corinthians 2-1 pada lanjutan Liga Brasil. Mayoritas gol yang dilesakkan mantan penjaga gawang timnas Brasil itu berasal dari tendangan bebas. Karena keahliannya itu, Ceni pun lebih terkenal sebagai eksekutor free kick daripada sebagai kiper. Catatan sensasional pemain kelahiran 22 Januari 1973 ini terjadi pada enam tahun lalu. Dia mencetak 21 gol hanya dalam satu musim.

Regerio Ceni







Video Gol ke-100 Rogerio Ceni Sao Paolo vs Corinthians




2. Jose Luis Chilavert (Paraguay, 62 gol)

Selain Ceni, ikon kiper pencetak gol adalah Jose Luis Chilavert. Mantan penjaga gawang timnas Paraguay ini telah melesakkan 62 gol sepanjang karirnya. Semua gol dicetaknya dari tendangan bebas dan penalti. Rekor sensasional Chilavert adalah satu-satunya kiper yang berhasil mencetak tiga gol (hattrick) dalam satu pertandingan.

Jose Luis Chilavert



3. Dimitar Ivankov (Bulgaria, 43 gol)

Penjaga gawang timnas Bulgaria ini merupakan pemegang rekor kiper paling produktif di daratan Benua Biru (Eropa). Sepuluh musim (1995-2005) menjalani karir di klub tanah kelahirannya, Levski Sofia, pemain kelahiran 30 Oktober 1975 ini berhasil mencetak 25 gol. Begitu pula ketika berpindah tim ke klub asal Turki, Kayserispor dan Bursaspor, Ivankov telah mencetak masing-masing 6 gol.

Dimitar Ivankov


4. Rene Higuita (Kolombia, 38 gol)

Publik tentu masih ingat dengan aksi tendangan kalajengking (scorpion kick) penjaga gawang yang satu ini ketika menghalau tendangan jarak jauh Jamie Redknapp dalam pertandingan Kolombia versus Inggris pada 1995. Selain itu, kiper yang dijuluki El Loco atau Si Gila ini juga kerapkali membantu serangan timnya. Sepanjang karir sepakbolanya, dia pun berhasil mencetak 38 gol.

Rene Higuita



5. Jorge Campos (Meksiko, 38 gol)

Tak seperti kebanyakan kiper lainnya yang hanya mengandalkan tendangan bebas atau penalti, mantan kiper Meksiko Jorge Campos justru sering mencetak gol dari permainan terbuka. Setelah dicermati, perjalanan karirnya ternyata diawali menjadi seorang striker. Saat menjadi kiper, Campos sering ikut maju ke depan ketika timnya butuh gol kemenangan. Sayangnya, dia tidak pernah mencetak gol untuk di timnas, semua golnya hanya di level klub. 38 gol telah dilesakkannya ke gawang lawan

Jorge Campos


6. Johnny Vegas Fernández, (Peru, 34 gol)

Johnny Martín Vegas Fernández (lahir 9 Februari 1976 di Huancayo) adalah pemain Peru profesional yang bermain untuk Cienciano di Divisi Primera Peruana. Saat ini ia adalah 7 kiper dengan jumlah gol terbanyak sepanjang masa dengan 37 gol di semua kompetisi - 29 dari penalti dan delapan dari tujuan tendangan bebas.

Johnny Vegas Fernández


7. Hans-Jörg Butt (Jerman, 32 gol)

Hans-Jörg Butt (lahir 28 Mei 1974; umur 37 tahun) adalah seorang pemain sepak bola berkebangsaan Jerman. Dia kini membela klub Bayern Muenchen. Klub sebelumnya yang pernah ia bela adalah VfB Oldenburg, Hamburger SV, Bayer Leverkusen, dan Benfica.

Hans-Jörg Butt


Di timnas Jerman, dia bermain 3 kali. Jumlah gol sampai saat ini adalah 32 gol.

Terbukti, bahwa menjadi pesepak bola, di posisi manapun kita bisa mencetak gol.

>>Sumber<<

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar yang tidak sopan akan kami edit. Terima kasih.